oleh

CIDY 2018 Lahirkan Pemuda Berjiwa Indonesia

TENTANGBEKASI.COM – Conference of Indonesian Diaspora Youth (CIDY) 2018 yang diselenggarakan oleh Indonesian Diaspora Network Global (IDN Global) pada tanggal 13-15 Agustus 2018 di Jakarta bertujuan untuk mempertemukan pemuda-pemudi diaspora Indonesia berusia 17 – 35 tahun dari berbagai penjuru dunia, dengan pemuda-pemudi dari 34 Provinsi di Indonesia.

Event itu diselenggarakan untuk menjaga dan menumbuhkan semangat ke-Indonesia-an, sambil merumuskan cita-cita atau visi mereka terhadap masa depan Indonesia.

Direncanakan, pada saat Indonesia berusia 100 tahun pada tahun 2045 nanti. CIDY 2018 dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari diaspora di 22 negara di dunia dan dari provinsi-provinsi di tanah air.

“Generasi kedua diaspora mempunyai peran strategis ke depan. Karena pendidikan dan pengalaman mereka, potensi dan mobilitas sosial-ekonomi mereka biasanya lebih tinggi dari orang tua mereka. Karenanya, sejak awal mereka harus kita rangkul,” jelas Presiden IDN Global, Gerald Eman

Ia menambahkan, dari pertemuan itu diharapkan akan timbul jaringan persahabatan dan kerjasama yang akan bermanfaat bagi para pemuda dan bagi Indonesia.

Konferensi ini dianggap perlu untuk diselenggarakan karena generasi muda Indonesia yang saat ini berusia sekitar 20 tahun akan berada di puncak usia produktif pada tahun 2045 yang akan datang.

Para generasi muda inilah nanti yang akan memegang peranan penting dalam menjalankan roda pemerintahan, perekonomian dan perkembangan sosial budaya Indonesia.

CIDY 2018 menjadi salah satu media untuk memfasilitasi para generasi muda ini dapat berkumpul, bertukar pendapat dan melontarkan ide-ide dan visi mereka tersebut serta membantu mengarahkan mereka untuk membuat visi yang konkret yang bisa dilaksanakan dan seusai dengan perkembangan jaman dan berlandaskan pada Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Dalam konferensi ini para pemuda akan membahas 5 topik utama yang meliputi topik tentang demokrasi dan pemerintahan, seni budaya, ekonomi bisnis dan kewirausahaan, teknologi dan inovasi masa depan, serta pertahanan dan keamanan.

Hasil dari konferensi ini nanti akan diserahkan kepada Ketua MPR, Presiden, Ketua DPR, para Gubernur, kepada institusi/lembaga lain maupun kepada masyarakat umum melalui media-media massa maupun media sosial.

Dan diharapkan agar hasil CIDY 2018 dapat melengkapi dan melanjutkan naskah Sumpah Pemuda 1928.

Dalam menyelenggarakan CIDY 2018, IDN Global bermitra dengan Persatuan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia), Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Asosiasi Dosen Indonesia, Forum Rektor, Pramuka, Purna Paskibraka, LPDP dan HIPMI. Konferensi ini juga didukung oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia; Kementerian Pemuda dan Olah Raga Indonesia; Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia serta Pemerintah Propinsi DKI Jakarta.

(thi/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed