oleh

Mengenal Lambang Bekasi dari Buku Almanak Bekasi

TENTANGBEKASI.COM – Kabupaten Bekasi kini sudah berusia 68 tahun. Namun apakah kalian tahu sejarah arti lambang Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi ? Untuk itu, mari kita simak ulasannya.

Pada tahun 20 Agustus 1962, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gotong Royong Daerah Tingkat II Bekasi telah berhasil menetapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang “Peraturan Lambang Daerah Tingkat II Bekasi 1962” No 12/P.D./62.

Adapun arti dan simbol lambang sebagaimana ditetapkan oleh DPRD Gotong Royong tersebut di atas, secara ringkasnya adalah sebagai berikut :

1. Bentuk :
Bentuknya Perisai yang berbentuk jantung.

2. Lambang :
Dibagi dalam tiga bagian yaitu masing-masing bagian atas, tengah dan bawah.

Bagian atas :
Dengan warna dasar hijau muda melambangkan daerah yang subur. Kesuburannya dilambangkan dengan dua untai hasil bumi, yaitu sebelah kanan untaian padi dengan warna kuning-mas sebanyak 17 butir padi.
Sedangkan di sebelah kirinya dengan warna yang sama melambangkan 8 macam buah-buahan, palawija/sayur-mayur.

Bagian tengah :
Melambangkan rakyatnya dengan sebilah “golok dengan ujung ke atas” terletak diantara kedua untaian bagian atas. Gagang golong warna hitam melambangkan ketahanan dan punggung golok warna putih melambangkan kesucian.

Bagian bawah :
Digambarkan laut dengan 6 gelombang warna putih, dimaksudkan bahwa laut selalu bergolak menunjukkan adanya semangat pergerakan/perjuangan yang tiada henti. Enam gelombang dimaksudkan sebagai enam kurun waktu (zaman), yang secara historis telah dialami oleh rakyat Bekasi.
Secara berturut-turut zaman itu adalah zaman Tarumanegara/Purnawarman, Pemerintahan Negara Pajajaran. Pemerintahan Djajakarta, Pemerintahan Belanda termasuk masa “tanah-tanah Partikulir”, Penjajahan Jepang dan Masa Kemerdekaan.
Garis sisi di sekeliling perisai yang berwarna kuning-mas melambangkan sejarah perjuangan rakyat Bekasi yang dalam menentang Kolonialisme dan Kapitalisme tak pernah terhenti sebagaimana dilakukan di daerah lainnya oleh rakyat Indonesia.

Keadaan Pemerintahannya dilambangkan dengan hal-hal sebagai berikut :

Lajur rangkap warna hitam yang terbagi dalam dua bagian menunjukkan Pemerintah Daerah yang terdiri dari Badan Legislatif dan Badan Eksekutif.

Sedangkan 4 tahap warna coklat di bawah lajur rangkap melambangkan pembagian daerah Bekasi (di masa itu) menjadi 4 Kawedanan (istilah pada masa itu wilayah Pembantu Bupati). Kotak-kotak dengan dibatasi oleh garis tebal warna kuning-mas pada masing-masing lajur menunjukkan banyaknya kecamatan di masing-masing Kawedanan. Adapun kotak-kotak kecil dengan dibatasi garis warna putih pada masing-masing kotak yang disebutkan di atas menunjukkan banyaknya desa di masing-masing kecamatan. Dengan demikian pembagian wilayah administratif Kabupaten Bekasi pada saat itu adalah :

Lajur 1 : Kawedanan Bekasi, kotak 1 s/d 4 dari kiri ke kanan menunjukkan Kecamatan Bekasi dengan 9 Desa, Kecamatan Babelan 6 Desa, Kecamatan Cilincing 3 Desa, Kecamatan Pondok Gede 7 Desa.

Lajur 2 : Kawedanan Tambun, kotak 1 s/d 3 masing-masing menunjukkan Kecamatan Tambun dengan 8 Desa, Kecamatan Cibitung 7 Desa, Kecamatan Setu 9 Desa.

Lajur 3 : Kawedanan Cikarang, kotak 1 s/d 3 masing-masing menunjukkan Kecamatan Cikarang dengan 7 Desa, Kecamatan Lemahabang 8 Desa, Kecamatan Cibarusah 11 Desa.

Lajur 4 : Kawedanan Srengseng, kotak 1 s/d 3 masing-masing menunjukkan Kecamatan Sukatani dengan 9 Desa, Kecamatan Pebayuran 6 Desa, Kecamatan Cabangbungin 5 Desa.

Dengan perkataan lain pada saat itu Kabupaten Bekasi terdiri dari 4 Kawedanan, 13 Kecamatan dan 95 Desa. Sedangkan yang terakhir, dibawahnya terdapat sebuah pita warna kuning-mas, dan tertulis huruf besar warna hitam “SWATANTRA WIBAWA MUKTI”. Swatantra artinya Daerah yang mengurus rumah tangganya sendiri, Wibawa artinya pengaruh dan Mukti artinya Jaya, Makmur. Dengan demikian Swatantra Wibawa Mukti berarti daerah yang mengurus rumah tangganya sendiri mempunyai pengaruh dan jaya, makmur.

(Sumber : buku almanak Bekasi/ayi/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed