oleh

Unkris Luluskan 651 Mahasiswa dan Mulai Terapkan Online Learning

TENTANGBEKASI.COM – Universitas Krisnadwipayana (Unkris) kembali mengadakan wisuda sarjana ke 57, magister ke 21 dan program doktor ke 5. Dalam wisuda itu, sebanyak 651 mahasiswa diluluskan dari tingkatan S1,S2 dan S3 di Pendopo Unkris, jalan Raya Jatiwaringin, Kamis (18/10/2018).

651 wisudawan dan wisudawati itu terdiri dari, S1 sebanyak 476 orang, S2 172 orang dan S3 tiga orang. Para wisudawan dan wisudawati itu, untuk S1 adalah lulusan dari Fakultas, Hukum, Ekonomi, Ilmu Administrasi dan Teknik. Sedangkan S2, terdiri dari Magister Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi dan Teknik. Sedangkan S3 sendiri yakni Doktor Ilmu Hukum.

Rektor Unkris, Drs. H. Abdul Rivai SE, MSi mengatakan, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berdiri sejak tahun 1952 Unkris akan terus berusaha meningkatkan kontribusinya agar dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dan mampu menyesuaikan diri dengaj kemajuan ilmu dan teknologi.

“Seperti kita ketahui, dunia kini telah memasuki era digitalisasi atau yang dikenal sebagai era revolusi industri 4.0. Era ini menekankan pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic dan lainnya atau dikenal dengan fenomena dispruptive innovation,” ungkap pria yang menjabat Rektor Unkris dua periode ini.

Menghadapi tantangan itu, kata dia, Unkris perlu menyiapkan para lulusannya guna memasuki era digitalisasi ini. Guna mengangisipasi itu, Unkris telah menyiapkan beberapa program khusus, diantaranya membekali dan membina mahasiswa melalui progran kewirausahaan, agar disaat mahasiswa lulus dan memasuki dunia kerja dapat mandiri dengan menjadi wirausaha muda.

“Dengan menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta Raya (HIPMI JAYA), kami berharap mahasiswa mendapatkan tambahan wawasan tentang ilmu kewirausahaan. Program ini penting, karena mindset yang ditanamkan kemahasiswa adalah bukan hanya mencari kerja, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja,” jelasnya.

Ia menambahkan, Unkris juga menyelenggarakan pembelajaran yang dijalankan dengan dua metode, yaitu mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dengan online learning yang berbasis digital. Program ini lebih dikenal dengan sebutan blended learning, yang sudah dijalankan pada tahun akademik 2018/2019.

“Dengan metode pembelajaran seperti ini, tentu akan mempermudah mahasiswa, karena tidak harus datang ke kampus setiap hari,” imbuhnya.

Ditempat sama, Ketua Dewan Pembina Yayasan Unkris, Prof. Dr. T. Gayus Lumbuun SH, MH menuturkan, Unkris kini sudah berusia 66 tahun, dan sebagai orang yang turut serta dalam perjalanan panjang sejarah Unkris, ia mengapresiasikan Rektor beserta Pimpinan Universitas maupun Pimpinan Fakultas yang telah berhasil menghantarkan Unkris menuju masa depan yang lebih gemilang.

Apresiasi yang ia berikan ini, kata dia, tidak serta merta berdasarkan laporan Rektor selama masa jabatan 2014-2018 terkait Kinerja Akademik, Keuangan, Kemahasiswaan dan Kerjasama, diperoleh grafik yang meningkat dari tahun ke tahun, diantaranya :

1. Bidang Akademik
a. Diperolehnya Akreditasi Institusi B, dan meningkatnya perolehan Akreditasi Program Studi, mayoritas terakreditasi A dan B.
b. Meningkatnya kualifikasi dosen yang bergelar Doktor dan Profesor.
c. Meningkatnya dosen yang bersertifikat pendidikan.
d. Pengiriman dosen terkait Kegiatan Academic Recharging ke Luar Negeri.
e. Pertukaran mahasiswa dengan Perguruan Tinggi di Luar Negeri.
f. Penyelenggaraan seminar-seminar yang diharapkan hasilkan dapat diimplementasikan untuk kepentingan nusa, dan bangsa Indonesia.

2. Bidang Keuangan
a. Kinerja keuangan yang lebih baik dari sisi akuntabilitas maupun kepatuhan terhadap peraturan.
b. Memperbaiki sistem pelaporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

3. Bidang Kemahasiswaan
a. Meningkatnya jumlah mahasiswa baru dari tahun ke tahun.
b. Lembaga kemahasiswaan jumlahnya bertambah, dan aktif melakukan kegiatan.
c. Penyaluran beasiswa dari Kemenristek Dikti maupun dari Unkris.
d. Prestasi mahasiswa dari minat dan bakat tercatat diberbagai kejuaraaan tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

4. Bidang Kerjasama
Meningkatnya kerjasama yang telah dilakukan dengan instansi pemerintah, swasta maupun perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

“Dewan pembina yayasan Universitas Krisnadwipayana akan senantiasa mendukung jajaran Pimpinan Universitas maupun Pimpinan Fakultas dalam melakukan langkah-langkah perbaikan, dan pengembangan Unkris. Semoga Unkris kedepan dapat mencapai visi-misi menjadi Universitas Unggulan di tahun 2025,” harapnya.

(ayi/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed