oleh

Tilang Elektronik Kompeten, CCTV Siap Ditambah

TENTANGBEKASI.COM, JAKARTA – Polda Metro Jaya (PMJ) Dirlantss rencananya akan menambah CCTV disejumlah ruas jalan protokol dibilangan Provinsi DKI Jakarta.

Hal tersebut guna untuk meningkatkan dan menegakkan hukum bukti pelanggaran (tilang) elektronik yang dinilai berhasil diterapkan, dan menunjang penegakan hukum lalu lintas (lalin)

“Kita sesuaikan dengan anggaran sudah direncanakan. Nanti akan ada berapa puluh kamera yang diajukan dan beberapa yang akan disetujui,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Belum diketahui secara pasti rincian jumlah kamera atau CCTV yang dibutuhkan untuk melanggengkan tilang elektronik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Namun sejauh ini, Polda Metro Jaya telah memasang empat unit kamera pada masa uji coba tilang elektronik di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

“Rencananya kami dari Polda Metro Jaya akan menegakkan hukum tilang elektronik mulai 1 November 2018 besok,” tambahnya.

Lebih lanjut Yusuf mengungkapkan, dari hasil evaluasi uji coba tilang elektronik terkait teknologi informatika untuk menunjang penegakkan hukum dinilai sudah kompeten.

Yusuf juga menegaskan, pelaksanaan tilang elektronik sejauh ini tidak terjadi masalah dari sisi aturan berdasarkan pandangan pakar hukum.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menguji coba pemberlakuan tilang elektronik dengan memasang beberapa kamera tersembunyi di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin selama sebulan pada 1 Oktober 2018 lalu.

Uji coba tilang elektronik tersebut mengandalkan kamera pemantau berteknologi canggih yang mampu menangkap layar (capture) nomor polisi kendaraan secara jelas, dan memiliki resolusi tinggi.

Kamera pemantau itu bekerja secara otomatis mencari, dan menangkap layar identitas kendaraan yang melanggar lalin.

Kemudian, data pengendara yang melanggar itu pun terkirim ke database server milik Polda Metro Jaya secara otomatis yang selanjutnya akan dikonfirmasi oleh petugas melalui surat, atau telepon seluler pemilik kendaraan untuk memberitahukan surat bukti pelanggaran (tilang).

(thi/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed