oleh

Tanggap Bencana, Plt Bupati Eka : Perlu Langkah Konkret

TENTANGBEKASI.COM – Memasuki musim penghujan, Polres Metro Bekasi gelar Apel Kesiapan Tanggap Musim Penghujan tahun 2018/2018 dihalaman Mako Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, kemarin.

Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja turut hadir dalam apel itu. Apel yang dihelat, untuk mengantisipasi resiko bencana yang ada didaerah sebagai langkah pemerintah tanggap akan bencana seperti banjir, dan lainnya.

“Agar melakukan penanggulangan bencana secara cepat, efektif, efisien serta menunjukan kesiapsiagaan semua pihak yang terkait dalam penanggulangan bencana,” ungkap Eka.

Ia menuturkan, dalam bencana perlu adanya koordinasi dari pihak Pemerintah Daerah, Polisi dan TNI, sehingga dapat saling bersinergi dalam membantu warga yang terkena bencana. Sebab, bencana itu dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kehilangan harta benda, dan dampak psikologis.

“Maka diperlukan langkah-langkah konkret dari berbagai unsur yang meliputi pemerintah, masyarakat dan dunia usaha agar senantiasa tanggap, dan siaga dalam menghadapi bencana, sejalan dengan amanat undang undang no 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,” tuturnya.

Upaya lain pencegahan, lanjut Eka, diantaranya pembersihan sampah pada drainase, pemasangan rambu bencana, pembuatan peta/jalur evakuasi, pembuatan sumur/biopori, pemasangan alat peringatan dini, serta meminimalisir faktor risiko yang dapat menimbulkan bencana.

(eka/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed