oleh

Desember, Ganjil-Genap Di Tol Tambun Bekasi Diberlakukan

TENTANGBEKASI.COM – Penerapan sistem Ganjil-Genap di pintu Tol Tambun Bekasi rencananya akan diberlakukan mulai awal Desember 2018 mendatang.

“(Aturan) ganjil-genap kita tambah lewat (Gerbang Tol) Tambun. Pemberlakuan ganjil-genap awal bulan Desember,” ujar Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Hindro Surahmat di Apartemen Grand Dhika, Bekasi, Selasa (20/11/2018).

Hindro mengatakan, peraturan ganjil-genap akan berlaku pada pukul 06.00-09.00 WIB.

Saat ini, aturan tersebut masih dalam proses sosialisasi di Gerbang Tol Tambun hingga akhir November 2018.

“Sebagai kompensasinya, kita menyiapkan 13 unit bus (di sekitar Gerbang Tol Tambun). Diharapkan para pengguna jalan beralih ke angkutan umum,” imbuh Hindro.

Disisi lain, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan peraturan ganjil-genap di Gerbang Tol Tambun dinilai akan memiliki banyak manfaat. Salah satunya menurunkan kepadatan kendaraan hingga 30%.

“(Peraturan) ganjil-genap itu dapat meningkatkan kenaikan kecepatan (kendaraan) 30-40%. Penurunan kepadatan 30%. Itu kan berkaitan dengan CO2 (karbon dioksida). Jadi banyak manfaat diperoleh. Proses ganjil-genap ini proses edukasi. Kita mengharapkan masyarakat menggunakan angkutan massal. Setelah nggak ada masalah pun mereka naik bus. Industri bus akan efisien kalau volumenya masif,” ujar Budi dalam kesempatan yang sama.

(ega/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed