oleh

Kota Bekasi Bakal Jadi Pilot Project Biocord

TENTANGBEKASI.COM – Dalam rangka penyebarluasan teknologi Jepang untuk sistem perbaikan lingkungan air perkotaan di Kota Bekasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bersama pihak swasta melakukan study banding.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Arief Maulana sempat menghadiri undangan Japan International Coorperation Agency (JICA) untuk melihat beberapa proyek penerapan Biocord di Jepang, belum lama ini (17/11/18).

Dari hasil kunjungan tersebut, rencananya, Kota Bekasi pun akan menjadi Pilot Project pertama dalam penerapan metode Biocord.

Metode Biocord sendiri merupakan teknologi pemurnian air untuk menjaga kualitas air dan lingkungan dari pencemaran limbah rumah tangga maupun industri.

“Rangkaian kegiatan survey verifikasi bersama sektor swasta untuk penyebarluasan teknologi Jepang di Tokyo dan Nagoya oleh JICA, TBR.CO. LTD akan memperkenalkan perusahaan-perusahaan Jepang yang terbukti memiliki teknologi di berbagai bidang dapat berdampak positif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan kesejahteraan sosial,” ujar Arief Maulana, Jumat (30/11/2018).

Arief menjelaskan, terkait anggaran biaya kegiatan tersebut nantinya akan sepenuhnya ditanggung oleh JICA dan TBR Co.Ltd sesuai dengan Minutes of Meeting tanggal 7 November 2017. Di dalam Minutes of meeting ini bukan hanya dengan Pihak TBR, tapi juga melibatkan JICA dan Kementerian PUPR.

“Penuh di tanggung pihak ketiga. Melakukan kunjungan ke perusahaan di Nagoya dan Oike, kemudian tanggal 19- 25 November 2018, melakukan kunjungan ke JICA (The Japan Internasional Coorperation Agency) dan tanggal 25 bertolak kembali ke Jakarta,” paparnya.

Selain itu Arief juga menambahkan, pada tanggal 4-5 Desember 2018 mendatang, pihak JICA pun akan melakukan kunjungan balasan ke Kota Bekasi guna menindaklanjuti pilot project penerapan metode Biocord di Kota Patriot ini.

(ega/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed