oleh

ODA di Bekasi Capai 1.200

-Bekasi-330 views

TENTANGBEKASI.COM – Kota Bekasi masih menduduki peringkat kedua setelah wilayah Bandung di Jawa Barat Orang Dengan AIDS (ODA). Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir saja jumlahnya ada sebanyak 1.200 orang yang terpapar (terinfeksi) penyakit mematikan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Komunitas Peduli HIV – AIDS atau Rumah Sebaya saat memperingati hari AIDS se-dunia, di Bekasi, Sabtu (1/12/2018).

“Diakumulasi dari tahun 2010 hingga 2018 ada 1.200 ODA, diantaranya laki-laki dan perempuan,” ungkap Ketua Umum Rumah Sebaya Darmawan kepada awak media.

Dalam pendampingan itu, Rumah Sebaya telah mendapatkan data berdasarkan laporan Puskesmas atau Rumah Sakit terhadap pasien ODA. Setidaknya tercatat sejak tahun 2016 hingga 2018 ini penyebaran virus HIV-AIDS melalui hubungan seksual.

“Berbeda trendnya di tahun 2015 ke bawah, penyebaran virusnya pada jarum suntik,” ujar dia.

Darmawan menyebut, ODA yang paling terpapar berada dikalangan ibu rumah tangga karena hubungan seksual tersebut. Akibat itu, tak sedikit pula penyebaran virus HIV – AIDS terinfeksi juga pada anak usia 10 bulan sampai 12 tahun.

“Ada 21 anak yang kita lakukan pendampingan,” ujar dia.

(cid/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed