oleh

10 Tahun, Roots Band Konsisten Jaga Genre Reggae Metal

-Komunitas-302 views

TENTANGBEKASI.COM – Roots Band merupakan sebuah band yang bergenre Reggae Metal yang termasuk ke dalam salah satu sub genre Reggae Revival atau Reggae Crossover.

Berdiri sejak tahun 2009, diusianya yang kini genap 10 tahun, Roots Band pun tetap konsisten mengusung dan menjaga genre Reggae Metal ditengah-tengah persaingan musik tanah air.

Roots sendiri merupakan satu-satunya band Reggae Metal di Indonesia karena genre ini masih tergolong baru di belantika musim tanah air.

Meskipun, perkembangan Reggae Metal sudah dimulai sejak tahun 1980 di Inggris dan negara Eropa lainnya.

“Dalam perjalanannya, Roots berhasil memadukan launan musik Reggae dengan vokal khas Jamaican atau disebut juga dengan tehnik menyanyi “Ragga” (RaggaMuffin),” ujar Ricky Greget melalui siaran persnya.

Meski demikian, yang membedakan Roots dengan band lainnya ialah Roots dinilai mampu memberikan nuansa Dub Reggae Soundsystem yang diracik oleh DJ Player.

Roots pun hadir dengan musik yang segar dan unik. Roots juga dinilai berhasil mematahkan anggapan bahwa Reggae identik dengan musik santai dan melandai dengan penampilan yang energik dan powerful disetiap penampilannya dipanggung.

“Kritik sosial menjadi tema yang diusung dalam setiap lirik lagu yang Roots ciptakan,” ungkap Ricky.

Ia menjelaskan, sesuai dengan idealisme Rebel (perlawanan) yang menjadi ideologi musik Reggae yaitu melawan babilonialisme, kapitalis dan perbudakan di negeri asal Reggae, Jamaika, hal tersebut tentunya berbeda dengan band Reggae pada umumnya di Indonesia yang isi liriknya tentang lagu cinta, seks, pesta pora, dan hura-hura semata.

Roots, lanjut Ricky, melalui musik dan lirik yang dibawakannya, Roots ingin memberikan stigma bahwa musik Reggae tidak semudah yang dipikirkan dan bukan musik santai tanpa arti.

Tapi, musik Reggae adalah sebuah pergerakan, sebuah protes, sebuah perlawanan terhadap kekuasaan, musik Reggae adalah musik kaum yang termarjinalkan oleh system kapitalisme yang sampai sekarang ini masih harus terus diperjuangkan oleh seluruh musisinya.

Diusianya yang genap 10 tahun ini pula, Roots pun mengganti logo terutama dari segi warna yang dapat terlihat dinamis dan universal tanpa menghilangkan khasnya.

Lewat Single terbarunya yang berjudul Terkikis, Roots pun mencoba untuk memberikan sentuhan baru dari warna musik Roots sendiri.

Sedangkan, crossover adalah genre yang tepat untuk Roots dimana banyak unsur perpaduan musik dalam tubuh band ini.

(ega/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed