oleh

Bincang Santai Rujuk, Wali Kota Bekasi Beberkan Kinerja

-Bekasi-119 views

TENTANGBEKASI.COM | Rukun Jurnalis (Rujuk) Bekasi yang merupakan paguyuban wartawan berdomisili dan bertugas di Kota Bekasi menggelar Bincang Santai di Aula Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Selasa (5/3).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi ke 22 tahun pada 10 Maret 2019 mendatang.

Mengangkat tema “22 Tahun Kota Bekasi dan Problematika Kota Urban,” kegiatan tersebut pun dihadiri langsung oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Selain itu, kegiatan pun turut dihadiri oleh  Anggota DPRD Kota Bekasi Abdul Muin, Direktur PDAM Tirta Patriot Muslihat, Manager Area PLB Bekasi, Renny Wahyusetiwasti, serta Pemimpin Cabang BJB Bekasi, Imam WP Sumadhio sebagai pembicara diskusi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Rujuk Bekasi, Bambang Kartono menyampaikan, hajat Rujuk menggelar bincang santai atau diskusi kali ini didasari oleh keinginan untuk mengulas dan menilik perkembangan Kota Patriot yang akan memasuki usia ke 22 tahun.

“Sebagai insan pers yang bertugas di Kota Bekasi, kami dari Rujuk ingin mengulas tentang perkembangan Kota Bekasi. Dan ini sebagai wujud kepedulian kami tentang perjalanan dan pertumbuhan kota urban, Kota Bekasi,” ujar pria yang akrab disapa Tonche.

Dalam kesempatan tersebut pula, Wali Kota yang akrab disapa Pepen pun sedikit mengungkap tentang perjalanan dirinya dan pengabdiannya selama di Kota Bekasi berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan kota Patriot tersebut.

“Kota Bekasi saat ini sudah banyak mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang. Dari yang dulunya Kota Bekasi banyak tanah lapang, kini sudah berkembang pesat dengan banyaknya jumlah penduduk hingga menjadi Kota Hunian dan Industri,” ujar Pepen.

Ia mengatakan, peningkatan pertumbuhan di Kota Bekasi cukup signifikan dari sektor pembangunan terutama peningkatan pelayanan sektor pendidikan, kesehatan, infrastrukur Kota, dan sektor pendapatan.

“Sektor pelayanan pendidikan kesehatan dan infrastrukur ditingkatkan. APBD di 2018 dari sebesar Rp 5.8 Triliun meningkat menjadi Rp 6,3 Triliun di 2019,” ungkapnya.

Selain itu ia juga memaparkan, dari sektor Pajak, Kota Bekasi berhasil menjadi yang terdepan dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB-BBNKB) se-Jawa Barat.

Atas prestasi tersebut pun, ia berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa mengalokasikan dana yang lebih banyak untuk pembangunan di Kota Bekasi.

“Dari 30 persen yang kita terima sekarang mungkin kedepannya bisa lebih besar. Kita akan pergunakan kembali untuk pelayanan sektor Pendidikan di SMK dan SMA di Kota Bekasi bisa digratiskan dan bidang kesehatan juga infrastruktur,” harapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kota Bekasi saat ini juga sudah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam bentuk dana hibah pembiayaan infrastrukur Kota.

Salah satunya saat ini, alokasi dana hibah dari Pemrov DKI Jakarta digunakan untuk keperluan pembangunan Fly Over Rawa Panjang dan Fly Over Cipendawa.

“Kelanjutan pembangunan dua fly over di tahap kedua ini kabarnya tinggal menunggu pencairan dan proses lelang yang dilakukan. Ditaksir menghabiskan biaya hingga Rp 350 miliar untuk pembebasan lahan dan fisik kedua fly over. Maka untuk itu, warga Kota Bekasi perlu berterimakasih juga kepada Gubernur dan Pemprov DKI Jakarta,” ungkap Pepen.

Begitupun dari sektor kesehatan dan infrastruktur kota. Rencananya, akan ada lagi tiga rumah sakit tipe D di tahun 2019 yang akan dioperasikan.

Ialah RS Tipe D Jatisampurna, RS Tipe D Bantar Gebang dan RS Tipe D Pondok Gede.

Dengan penambahan RS milik Pemkot Bekasi ini, kata Pepen, diharapkan bisa mengurangi ketergantungan kepada RS Swasta dengan program pelayanan Kartu Sehat.

“RS Jatisampurna sudah lengkap, RS Bantar Gebang didukung pengadaan prasarana dari Pemprov DKI Jakarta sehingga September sudah bisa beroperasi dan RS Pondok Gede pada Agustus ini,” pungkasnya.

(ega/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed