oleh

IJAF, Gerakan Terapkan Kebiasaan Infaq

-Pendidikan-202 views

TENTANGBEKASI.COM – Salah satu cara Perguruan Islam Al-Fajar naungan Yayasan Darul Fajar untuk menerapkan kebiasaan infaq terhadap peserta didik, yakni dengan gerakan Infaq Jumat Al-Fajar (IJAF).

IJAF sendiri sudah mulai digerakkan sejak November 2017 alu dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran dan membiasakan anak didik untuk senantiasa bersedekah.

“IJAF ini pun kini sudah menjadi wadah baru di Perguruan Islam Al-Fajar. IJAF sudah menjadi suatu organisasi internal sekolah untuk membiasakan berinfaq, tidak hanya terhadap siswa, tapi semua elemen sekolah,” ujar Ketua IJAF, Mila Dinawati, kemarin.

Mila menjelaskan, dengan adanya IJAF, nantinya setiap uang infaq yang terkumpul akan digunakan untuk berbagai kegiatan sosial, baik di internal maupun eksternal sekolah.

Seperti contohnya, membantu siswa-siswi yang kurang mampu dalam segi ekonomi untuk biaya sekolah, akan dibantu dengan uang infaq dari gerakan IJAF.

Selain itu, kegiatan santunan anak yatim, pengiriman bantuan sosial bencana seperti yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu saat terjadi bencana di Palu, Lombok, Banten, dan Sukabumi.

“Jadi intinya, IJAF ini dari siswa, untuk siswa. Dan untuk nominal infaq-nya sendiri tidak ada patokan sama sekali, apalagi pemaksaan. Semuanya sesuai dengan kemampuan dan kemauan siswa sendiri. Dengan kata lain, seikhlasnya siswa saja,” beber Mila.

Disisi lain, Ketua Yayasan Darul Fajar, Ibrahim Murod menilai, prinsip IJAF sendiri merupakan suatu gerakan sosial yang bersifat positif.

Menurutnya, dengan adanya gagasan IJAF ini, semoga bisa menumbuhkan awareness infaq terhadap siswa, orangtua siswa, guru, karyawan non guru, dan semua aspek dilingkungan sekolah.

“Jadi IJAF ini tidak hanya untuk siswa saja, tapi juga menyentuh terhadap orangtua murid, guru, karyawan sekolah, bahkan pengurus kantin juga akan kita rangkul untuk bersama-sama ber-IJAF,” ujar Ibrahim dalam kesempatan yang sama.

Ia pun menekankan, infaq yang dihimpun melalui gerakan IJAF, nantinya akan disalurkan langsung oleh wadah IJAF, baik untuk siswa-siswi itu sendiri, elemen internal sekolah, maupun eksternal sekolah.

Ia pun juga berharap, dengan adanya gerakan IJAF, hal tersebut bisa menjadi proses pembelajaran dan penerapan infaq atau sedekah terhadap anak didik agar mereka terbiasa mengeluarkan infaq, baik di internal sekolah, maupun diluar sekolah.

Sebagai informasi, Perguruan Islam Al-Fajar naungan Yayasan Darul Fajar merupakan sebuah institusi pendidikan yang bertujuan mengantar atau membentuk peserta didik menjadi cendekiawan muslim yang kaffah melalui penyelenggaraan pendidikan formal.

Perguruan Islam Al-Fajar dimulai dari tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang terletak di Perumahan Villa Nusa Indah, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi

Memiliki Visi “Optimalisasi potensi (fitrah, bakat) peserta didik menuju insan beriman, cendekia, trampil dan tangguh” dan Misi “Membentuk cendekiawan muslim yang berakhlak mulia dan mampu bersaing secara sehat dalam kehidupan global”, keduanya pun diambil dari surat Fussilat [41] yany 33 yang artinya

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru Allah, mengerjakan amal saleh dan berkata : “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?”.

Selain itu, memiliki Motto “Membangun Generasi Islami, Cerdas dan Kreatif” yang diharapkan bisa melahirkan peserta didik yang agamis dan berakhlak baik.

(ega/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed