oleh

Peringati Hari Batik 2019, KOMBAS Luncurkan Kaos Batik Millenial

-Komunitas-157 views

TENTANGBEKASI.COM – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2019 yang jatuh pada 2 Oktober lalu, Komunitas Batik Bekasi (Kombas) menggelar Fashion Show Batik di Aula D’Bhagasasi, Bekasi Junctions, Bekasi Timur, Sabtu (5/10/2019).

Ketua Komunitas Batik Bekasi, Barito Hakim Putra mengatakan, kegiatan Fashion Show Batik 2019 kali ini sekaligus demo Kombas dalam rangka mengajak generasi milenial Kota Bekasi untuk melestarikan batik sebagai simbol serta identitas bangsa juga dikenal dengan nilai tradisi juga kearifan lokal,

Ia pun menilai, pelestarian batik sendiri mengandung makna untuk perlindungan, konservasi, pengembangan, dan pemanfaatannya.

“Tidak hanya sekadar aksi melindungi atau menjaga batik yang sudah ada. Melainkan juga meliputi penempatan batik dalam konteks kekinian dalam rangka menjaga eksistensinya, tanpa mengubah nilai-nilai dasarnya,” ujar Barito kepada awak media ditengah-tengah kegiatan.

Barito menjelaskan, saat ini, batik sudah menjadi fashion yang lebih casual dibanding sebelumnya yang dinilai lebih formal. Maka dari itu, sebagian pemuda pemudi atau generasi milenial saat ini sudah mulai akrab mengenakan batik, bahkan menjadi tren fashion.

Di Kota Bekasi sendiri, menurut Barito, generasi milenial sudah mencapai 20 persen yang menggunakan batik sebagai pakaian sehari-hari dengan model casual.

“Bersamaan dengan Hari Batik 2019 ini, kita dari Kombas pun meluncurkan fashion batik yang lebih santai, yakni kaos Batik yang didesain langsung oleh salah satu designer andalan Kombas, Dewi Marda,” bebernya.

Barito juga mengungkapkan, ada dua motif batik Bekasi yang dinilai menjadi favorit generasi millenial dan saat ini tengah digandrungi. Yakni Motif Simetris Bendo dan Motif Rawa Burung Mandar.

Sedangkan, motif Batik Bekasi sendiri terdapat 12 pakem motif, diantaranya
Motif Karawang, Bambu Abstrak, dan Bambu Kontemporer yang menjadi favorit masyarakat Kota Bekasi lantaran menjadi motif yang paling banyak diminati.

Untuk itu, melalui peluncuran kaos Batik Bekasi sebagai salah satu fashion generasi millenial saat ini, Barito berharap agar masyarakat Kota Bekasi semakin dekat dan minat dengan Batik Bekasi.

(ega/tb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed